Kumpulan Info Terbaru 2014 seperti Lowongan Pekerjaan, Tips Trik, Harga Handphone, Laptop, Kamera, Motor, Mobil, Tablet, Gadget Terbaru, Zodiak dll

bisnis online

Sunday, December 22, 2013

Kelebihan Dan Kekurangan Topologi

Pokok bahasan yang akan coba kami ulas pada kesempatan kali ini yaitu mengenai kelebihan dan kekurangan topologi jaringan. Topologi jaringan sendiri merupakan sebuah materi yang akan menjelaskan hubungan geometris yang menjadi unsur dasar dalam penyusunan jaringan seperti Station, Link, dan Node, karena ketika kita akan mengurutkan Local Area Network atau yang lebih dikenal dengan sebutan LAN akan membutuhkan materi topologi jaringan tersebut. Dan untuk pengertian yang lebih mudahnya, topologi adalah sebuah materi dan juga cara untuk menghubungkan dari komputer satu dengan komputer yang lainnya hingga dapat terhubung dan membentuk sebuah koneksi jaringan.

Kelebihan Dan Kekurangan Topologi

Dan biasanya yang menggunakan sistem topologi jaringan tersebut adalah sistem perkantoran atau untuk kebutuhan kerja, dan juga warnet atau warung internet.

Dan berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan topologi jaringan yang paling banyak di gunakan


Kelebihan dan kekurangan topologi jaringan RING – Sistem topologi jaringan tersebut memiliki karakteristik serial pada urutan kabelnya dengan menghubungkan simpul jaringan hingga berbentuk lingkaran. Kelebihan pertama pada sistem tersebut adalah dapat menghindari terjadinya tabrakan jaringan data, karena data yang mengalir terjadi pada satu arah. Selain itu, aliran data yang mengalir pun akan dirasa lebih cepat karena sistem tersebut membuat koneksi data dapat megalir dari sisi kiri dan kanan server. Sehingga walaupun penggunaan akses jaringan data padat, dengan menggunakan sistem tersebut maka aliran koneksi jaringan data masih dapat berjalan dengan lancar.

Kekurangannya adalah jika pada salah satu unit komputer yang berada di dalam jaringan RING tersebut mendapatkan masalah hingga gagal untuk berfungsi, maka sistem tersebut akan error karena mempengaruhi selurung jaringan RING tersebut. Dan jika di awal anda hanya melakukan set hanya pada 10 unit komputer, maka ketika anda menambahkan unit komputer baru yang dikoneksikan pada jaringan RING tersebut akan membuat jaringan keseluruhan menjadi kacau. Dan kekurangannya yang terakhir adalah sulitnya melakukan konfigurasi ulang pada sistem topologi jaringan RING tersebut.

Masih banyak lagi sistem topologi jaringan yang lain seperti topologi BUS, Mesh, Star, Tree, hingga Extended Star, yang tentunya tidak mungkin di ulas seluruhnya pada pertemuan kali ini. Semoga sedikit ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan topologi jaringan RING di atas tadi dapat membantu serta dapat menyuguhkan sebuah sumber informasi yang dapat bermanfaat untuk anda semuanya.



Kelebihan Dan Kekurangan Topologi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment