Kumpulan Info Terbaru 2014 seperti Lowongan Pekerjaan, Tips Trik, Harga Handphone, Laptop, Kamera, Motor, Mobil, Tablet, Gadget Terbaru, Zodiak dll

bisnis online

Friday, January 10, 2014

Kelebihan Dan Kekurangan Media Pembelajaran

Beberapa kelebihan dan kekurangan media pembelajaran merupakan sebuah pokok bahasan yang akan kami bagikan untuk anda semuanya pada kesempatan kali ini. Media pembelajaran sendiri terbagi menjadi beberapa kelompok media audio, media visual, dan juga media audio-visual menurut perkembangan teknologi, dan dari ketiga media tersebut tentunya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Dan tentunya didalam media untuk kegiatan pembelajaran yang paling banyak digunakan adalah media untuk komunikasi.

Kelebihan Dan Kekurangan Media Pembelajaran

Media pembelajaran sendiri terdiri dari beberapa komponen intruksional yang akan meliputi orang, pesan, dan juga peralatan, dan media sendiri merupakan sebuah wahana yang dapat menyalurkan informasi mengenai pelajaran atau informasi pesan. Dan di bawah ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan media pembelajaran seperti media audio, media visual, dan juga media audio visual.

Kelebihan dan kekurangan media audio – Kelebihan pada media audio adalah siswa akan dapat lebih fokus, karena tersebut akan di tuntut untuk dapat lebih peka terhadap pendengarannya, sehingga kemampuan mendengarkan pada siswa tersebut pun dapat lebih terasah. Sedangkan kelemahannya yaitu hanya akan mengasah kemampuan mendengar dari siswa saja dan tidak akan membantu mengasah inder lainnya seperti indera peraba dan juga indera penglihatan. Dan tentu saja media tersebut akan memiliki batasan terutama pada siswa yang memiliki sebuah permasalahan seperti tuna rungu.

Kelebihan dan kekurangan media visual – Kelebihannya yang pertama adalah sudah tentu pada mudahnya obyek yang akan diterima oleh siswa ketika sedang di ajarkan serta dijelaskan oleh guru dalam proses pembelajarannya. Sedangkan kekurangannya adalah hanya akan mengasah kemampuan pada indera penglihatannya saja, sehingga para siswa tersebut pun tidak dapat mengasah indera pendengaran dan juga indera perabanya. Dan tentu saja akan terbatas bagi mereka yang memiliki permasalahan pada indera penglihatannya.

Kelebihan dan kekurangan media audio visual – Kelebihan dari media tersebut adalah dapat mencakup dari semua aspek indera penglihatan, indera pendengar, dan juga indera peraba, sehingga kemampuan dari seluruh indera pada siswa dapat lebih terasah dengan baik karena dijalankan secara bersamaan dan seimbang. Sedangkan kelemahannya yaitu terletak pada keterbatasan biaya yang akan dikeluarkan, serta penerapannya yang akan mencakup dari seluruh aspek tersebut.

Demikian di atas tadi adalah beberapa kelebihan dan kekurangan media pembelajaran seperti media audio, media visual, dan juga media audio visual, semoga sedikit ulasan di atas dapat membantu serta dapat menjadi sebuah informasi yang bermanfaat untuk anda semuanya.



Kelebihan Dan Kekurangan Media Pembelajaran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Unknown

0 comments:

Post a Comment